Notulen


NOTULEN

Notulen dan Notulis
1) Definisi Notulen dan Notulis
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (618), notulen atau notula bermakna catatan singkat mengenai jalannya persidangan / rapat serta hal yang dibicarakan dan diputuskan. Pengertian lain dari notulen adalah catatan singkat tentang suatu pembicaraan. Notulen rapat hendaknya ditandatangani oleh ketua rapat, untuk dijadikan bahan pemikiran lebih lanjut. Notulen rapat penting artinya, karena berisi keputusan yang telah dihasilkan dalam rapat, untuk pegangan bersama. Selain itu, menurut Drs. Sulchan Yasin, Kamus Praktis Bahasa Indonesia, penerbit Cipta Karya Surabaya, notulen adalah hal yang berhubungan dengan catatan laporan hasil rapat. Jadi, notulen adalah sebuah ringkasan tentang hasil pembicaraan dalam rapat yang bersifat ringkas, padat, sistematis, dan secara menyeluruh. Sedangkan notulis adalah orang yang bertugas untuk membuat notulen atau notula.

2) Fungsi Notulen
 Notulen memiliki beberapa fungsi yang penting  terhadap kegiatan rapat tersebut, antara lain :
ü  Sebagai bukti telah diadakan rapat.
ü  Sebagai manometer atau ukuran kesuksesan rapat.
ü  Apakah semua tujuan rapat yang tertuang dalam notula telah berhasil dilaksanakan atau tidak.

3) Persyaratan Menjadi Notulis
Berikut ini adalah beberapa syarat untuk menjadi seorang notulis yang baik :
a.       Mampu melakukan 2 hal sekaligus, mendengar dan menulis.
b.      Kemampuan untuk memilih bagian yang penting dan yang tidak penting.
c.       Kemampuan untuk berkonsentrasi.
d.      Kemampuan untuk menyesuaikan diri, kemampuan melapor secara netral.
e.       Memahami bahasa teknis, dan menguasai materi pembahasan.
f.        Kemampuaan mengetahui kebutuhan pembaca.
g.       Mendengarkan dengan maksud menemukan sesuatu.
h.       Kemampuan menulis cepat.
i.         Mampu mengemukakan pikiran secara cepat.
j.        Menguasai metode mencatat.
k.      Menguasai berbagai metode pengolahan data.
l.         Mengenal berbagai struktur rapat.

4) Hak Notulis
a.   Sebelum rapat
Notulis berhak memperoleh informasi mengenai latar belakang materi yang akan di sajikan dalam rapat.
b.      Pada waktu rapat berlangsung
1)      Berhak meminta perumusan yang jelas mengenai tujuan rapat apabila belum mendapatkannya.
2)      Berhak menerima semua dokumen yang di bagikan pada waktu rapat.
3)      Berhak menuntut ketua sidang agar menertibkan rapat yang kacau.
4)       Berhak mendapatkan perumusan yang baik dari semua peserta rapat yang
                  telah di ajukan.
5)      Berhak mendapat rangkuman dan kesimpulan rapat.
6)      Berhak duduk di samping ketua sidang.
7)      Berhak meminta dirinya di gantikan dalam pembicaraan yang berkepanjangan.
8)      Berhak atas pembebasan tugas-tugas lain
c.       Sesudah rapat
1)      Hak untuk mendapatkan waktu cukup untuk mengolah catatan.
2)      Berhak atas persediaan para peserta rapat, mendapatkan informasi tambahan rapat.

Susunan atau Kerangka Notulen
Susunan notulen terdiri atas :
1.      Judul notulen.
2.      Keterangan penyelenggaraan rapat, yang meliputi :
a)Tempat rapat.
b)            Tanggal dan waktu penyelenggaraan.
c)Pemimpin rapat.
d)           Acara rapat.
e)Peserta rapat.
3.      Pelaksanaan rapat, yang meliputi :
a)Pembukaan.
b)            Pemaparan masalah.
c) Tanya jawab dan lain-lain.
d)            Penutup.
4.      Notulen rapat ditandatangani oleh ketua rapat dan notulis.

Simulasi Rapat
Simulasi rapat Pembahasan Manfaat Pelatihan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa-Siswi SMA 3, dengan :
Luh Gena Utari (19/XI IPA 3) sebagai peserta rapat (penanya).
Indiani Sani (21/XI IPA 3) sebagai notulis.
Ni Wayan Japa Wrastiani (22/XI IPA 3) sebagai peserta rapat (penanya).
Maretta Rosabella Purnamasari (26/XI IPA 3) sebagai peserta rapat (pemapar masalah).
Ni Made Mega Pratiwi (27/ XI IPA 3) sebagai pemimpin rapat.
Ni Luh Sinta Suryanti (32/XI IPA 3) sebagai peserta rapat (penanya).
 


Notulen 1
 
Rapat Pembahasan Manfaat Pendidikan Karakter Bangsa Terhadap Siswa-Siswi SMA 3

Tempat
:
Ruang Kelas XI IPA 3
Tanggal
:
Senin, 16 Januari 2012
Waktu
:
08.00 - 13.00 WITA
Pemimpin Rapat
:
Ni Made Mega Pratiwi
Acara Rapat
:
1.      Pembukaaan
2.      Sambutan Pembina OSIS
3.      Pembahasan Manfaat Pendidikan Karakter Bangsa Terhadap Siswa SMA 3
4.      Tanya Jawab dan lain-lain
5.      Penutup
Peserta Rapat
:
1.      Pembina OSIS : 1 orang
2.      Pengurus OSIS : 16 orang
3.      Siswa kelas XI : 43 orang
Jumlah : 60 orang
Agenda Rapat
:

I.             Pembukaan
Rapat dibuka pukul 08.00 WITA oleh Pembina OSIS selaku ketua rapat.

II.          Pemaparan Masalah
Maretta Rosabella Purnamasari, selaku pembicara, membuka rapat pembahasan manfaat pendidikan karakter bangsa terhadap siswa-siswi SMA 3. Dalam pembukaan tersebut dipaparkan bahwa belakangan ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mencanangkan pendidikan karakter bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia.
Atas dasar pentingnya pendidikan karakter tersebut, SMA 3 telah melakukan pelatihan pendidikan karakter bangsa yang diadakan sejak tanggal 13 sampai 27 desember 2011 lalu. Dalam pelatihan  tersebut siswa diajarkan mengenai  Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Mencapai  Prestasi Dalam Penelitian Melalui Sikap Ilmiah, motivasi, dan diisi juga dengan perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Pada awalnya, pelatihan ini direncanakan akan ditutup oleh kegiatan out bond, tetapi kegiatan out bond tersebut belum dapat terealisasi. Namun demikian, pihak sekolah sangat mengharapkan manfaat yang dirasakan siswa dari pelatihan ini tidak berkurang.
III.       Tanya Jawab dan Lain-Lain
Acara Tanya jawab diisi oleh beberapa penanya.
1.         Luh Gena Utari menanyakan mengapa kegiatan outbond pada pelaksanaan pendidikan karakter bangsa tidak jadi diadakan.
2.         Ni Luh Sinta Suryanti menanyakan dengan dibatalkannya kegiatan outbond tersebut apakah tidak memberikan pengaruh terhadap siswa dalam hal pendidikan karakter.
3.         Ni Wayan Japa Wrastiani menanyakan apa kaitan pendidikan karakter bangsa dengan Penelitian Melalui Sikap Ilmiah sehingga pendidikan karakter dikatakan penting untuk mencapai prestasi.

IV.       Penutup
Rapat pembahasan manfaat pendidikan karakter bangsa terhadap siswa SMA 3 tersebut ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ni Made Mega Pratiwi pada pukul 13.00 WITA.

Denpasar, 16 Januari 2012
Diketahui oleh,

Pembina OSIS                                                                                          Notulis,




Ni Made Mega Pratiwi                                                                          Indiani Sani



 
Notulen 2
 
 
Rapat Pembahasan Manfaat Pendidikan Karakter Bangsa Terhadap Siswa-Siswi SMA 3


A.    Waktu Pelaksanaan            
1.      Tanggal                       : 16 Januari 2012
2.      Tempat                        : Ruang Kelas XI IPA 3
3.      Waktu                         : pukul 08.00 – 13.00 WITA
B.     Pemimpin Rapat                : Ni Made Mega Pratiwi
C.     Peserta Rapat                    : Siswa Kelas XI dan Pengurus OSIS
Jumlah                               : 60 orang
D.    Acara Rapat                      :  1. Pembukaan
                                             2. Pembahasan Manfaat Pendidikan Karakter Bangsa Terhadap Siswa-Siswi SMA 3
                                             3. Tanya jawab dan lain-lain
                                             4. Penutup
Rapat dibuka pada pukul 08.00 WITA oleh Pembina OSIS, Maretta Rosabella Purnamasari, yang menyampaikan bahwa belakangan ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mencanangkan pendidikan karakter bagi siswa-siswi di seluruh Indonesia. Atas dasar pentingnya pendidikan karakter tersebut , SMA 3 telah melakukan pelatihan pendidikan karakter bangsa yang diadakan sejak tanggal 13 sampai 27 Desember 2011 lalu. Dalam pelatihan  tersebut siswa diajarkan mengenai  Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Mencapai  Prestasi Dalam Penelitian Melalui Sikap Ilmiah, motivasi, dan diisi juga dengan perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Pada awalnya, pelatihan ini direncanakan akan ditutup oleh kegiatan out bond, tetapi kegiatan out bond tersebut belum dapat terealisasi. Namun demikian, pihak sekolah sangat mengharapkan manfaat yang dirasakan siswa dari pelatihan ini tidak berkurang.
Acara tanya jawab diisi oleh beberapa penanya
1.      Luh Gena Utari menanyakan mengapa kegiatan outbond pada pelaksanaan pendidikan karakter bangsa tidak jadi diadakan.
2.      Ni Luh Sinta Suryanti menanyakan dengan dibatalkannya kegiatan outbond tersebut apakah tidak memberikan pengaruh terhadap siswa dalam hal pendidikan karakter.
3.      Ni Wayan Japa Wrastiani menanyakan apa kaitan pendidikan karakter bangsa dengan Penelitian Melalui Sikap Ilmiah sehingga pendidikan karakter dikatakan penting untuk mencapai prestasi.
Rapat pembahasan manfaat pendidikan karakter bangsa terhadap siswa-siswi SMA 3 tersebut ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ni Made Mega Pratiwi.
                                                                                            Denpasar, 16 Januari 2012

       Diketahui oleh,                                                                                         Notulis,
        Pembina OSIS                                                                                        



Ni Made Mega Pratiwi                                                                          Indiani Sani

 
Perhatikan pola penulisan kedua notulen di atas. Urutan dan tata cara penulisan kedua notulen di atas tidaklah sama persis. Tidak ada format baku dan sistematika notulen. Yang pasti dalam suatu notulen harus terdapat :
·         Judul Notula.
·         Keterangan penyelenggaraan rapat.
·         Pelaksanaan rapat.
·         Notula rapat ditandatangani oleh ketua rapat dan notulis.


























DAFTAR PUSTAKA

Aiyug. 2010. Notulis.
Diakses tanggal 9 januari 2012.
SMA 3 Denpasar. 2011. Materi Pelatihan Peneliti Muda Trisma.
                                         http://www.sman3denpasar.sch.id/.
                                         Diakses tanggal 9 januari 2012.
Mashadi, Nor Hidayat. 2011. Kumpulan puisi romantic, dan contoh pembuatan makalah sastra Indonesia.
                                                     http://hidayatnor100.blogspot.com/2011/04/.
                                                                      Diakses tanggal 9 januari 2012.
Anonim. 2011. Pengertian Notulen.
                          http://kuliahitukeren.blogspot.com/2011/07/pengertian-notulen.html.
                          Diakses tanggal 9 januari 2012.
Sudrajat, Akhmad. 2010. Tentang Pendidikan Karakter.
                                          http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp/.
                                          Diakses tanggal 9 januari 2012.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Nyi Roro Kidul kelas XI

Perilaku Konstitusional dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara

CETIK KERIKAN GONG