CINTA LINGKUNGAN DAN HEMAT ENERGI


Jenis Kegiatan             : Ceramah
Tempat                        : SMA Negeri 3 Denpasar
Waktu kegiatan           : Senin, 13 Desember 2010
Tujuan Kegiatan          : Menumbuhkembangkan rasa cinta lingkungan dan hemat energi    terhadap siswa SMA Negeri 3 Denpasar.
Manfaat kegiatan        : mampu mewujudkan rasa cinta terhadap lingkungan pada siswa, siswa mampu menjaga lingkungan dengan baik sesuai dengan anjuran dari narasumber. Siswa juga mengetahui beberapa cara atau tips untuk mengembalikan alam menjadi bersahabat kembali.
Deskripsi kegiatan       :
            Kegiatan ceramah pada sesi ini bertemakan “Cinta Lingkungan dan Hemat Energi”. Sebagai narasumber dalam kegiatan ceramah ini adalah Bapak I Kadek Adiana Putra, S.Pd yang merupakan guru mata pelajaran Geografi beserta Ibu Dra. Srini yang merupakan guru mata pelajaran Biologi. Dalam ceramah ini banyak dijelaskan berbagai bentuk tata cara dalam mewujudkan rasa cinta terhadap lingkungan kita yang keadaannya semakin buruk. Tidak hanya itu dalam ceramah ini juga dijelaskan beberapa jalan yang dapat ditempuh dalam upaya menghemat energi.
            Adapun latar belakang yang disampaikan dalam ceramah ini adalah suhu  di bumi semakin tinggi saja, yang menandakan bahwa adanya kerusakan alam seperti berkurangnya pemasok Oksigen yaitu pepohonan yang sudah habis oleh illegal logging juga berlubangnya lapisan Ozon yang semakin membuat sinar ultraviolet pada matahari dapat dengan leluasa langsung masuk ke bumi. Selain itu kejadian alam juga tidak dapat diprediksi, paginya cerah bahkan langit tak berawan sama sekali, tapi tiba-tiba saat siang hari sudah ada kabut tebal dan hujan lebat pun turun tanpa terduga, yang mampu mengakibatkan banjir dalam sekejap di kota-kota seperti Denpasar dan sekitarnya.
            Hal-hal tersebut menandakan bumi mengalami kerusakan. Manusia semakin banyak menghasilkan gas-gas yang tidak ramah lingkungan, baik yang dihasilkan kendaraan bermotor ataupun asap pabrik begitu juga dengan CFC yang semakin mengakibatkan berlubangnya lapisan ozon. Lapisan ozon yang berlubang ini sangat membahayakan bagi semua makhluk hidup karena  siar matahari data langsung memancar ke permukaan bumi, yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Tidak hanya itu es di kedua kutub pun mencair dengan cepatnya sehingga air laut naik dan jika hal tersebut trus menerus terjadi maka, lama-kelamaan daratan akan tenggelam.
            Narasumber dalam ceramah ini mengatakan bahwa penyebab dari semua itu adalah egoisme yang dimiliki oleh manusia. Seperti hanya memikirkan kenyamanan pribadi tanpa memikirkan dampak lingkungkan sekitar atau lingkungan global, titaktor dalam penggunaan energi, eksploitasi SDA (Sumber Daya Alam) tanpa jangka panjang, dan mayoritas menggunakan barang-barang yang tiak ramah lingkungan.
Narasumber mengatakan dengan pasti dan berkeyakinan bahwa solusinya adalah “Berubah” sekarang belum terlambat. Dalam paparan ceramahnya, beliau memberikan sejumlah tips untuk mengembalikan alam menjadi bersahabat kembali. Berikut tips yang telah dipaparkan :
1.      Daur ulang aluminium, plastic, dan kertas. Akan lebih baik jika anda menggunakan berulang-ulang
2.      Hindari fast food (fast food adalah penghasil sampah terbesar di dunia)
3.      Bawa tas yang bisa dipakai ulang
4.      Gunakan gelas yang biasa dicuci
5.      Berjalanlah disekitar lingkungan maka anda akan menghemat biaya trensportasi BBM
6.      Tanamlah pohot setiap ada tempat dan kesempatan
7.      Turunkan suhu AC anda
8.      Gunakan timer untuk menghindari lupa mematikan AC.
9.      Matikan lapu yang tidak terpakai dan jangan tinggalkan air menetes
10.  Gunakan lampu hemat energy,meskipun harganya lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat 8 kali dan lebih hemat 80% dari lapu pijar biasa.
11.  Maksimalkan pencahayaan dari alam
12.  Hindari posisi stand bay pada elektronik
13.  Jika pengisian ulang baterai anda sudah penuh segera cabut!
14.  Kurangi waktu dalam membuka lemari es anda.
15.  Gunakan ulang prabotan rumah tangga anda
16.  Jikan menggunakann diodoran atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol.
17.  Jika kita sering makan diluar dengan bungkusan dan rutin, lebih baik membeli kotak makanan dan minuman yang bisa dipakai berulang kali.
18.  Gunakan kertas lebih sedikit
19.  Pastiakan raungan (rumah) memiliki sirkulasi udara yang baik.
20.  Untuk kesegaran ruangan tempatkan tumbuhan yang bisa hidup di dalam ruangan, ini akan sangat membantu kesegaran lingkungan anda.
21.  Lakukan pembersihan ruangan dan lingkungan sesering mungkin untuk mnghindari penyakit yang timbul.
22.  Untuk penanganan barang beracun segera hubungi dinas kebersihan di lingkungan anda
Dalam ceramah yang dilaksanakan, narasumber menggunakan beberapa contoh yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Contoh pertama adalah terjadinya penebangan hutan secara liar atau illegal logging. Dalam ceramah digambarkan sebuah hutan yang awalnya rimbun lebat dan memiliki berbagai jenis pohon, namun selanjutnya pohon-pohon tersebut ditebangi oleh pihak-pihak industri tanpa adanya penanaman tanaman pengganti. Sehingga menyebabkan hutan menjadi gundul. Hal tersebut nantinya akan berakibat fatal bagi masyarakat sekitar. Dimana pada musim panas ketersediaan air akan sangatlah terbatas, sedangkan sebaliknya pada musim penghujan masyarakat akan direpotkan dengan air hujan yang membanjiri tempat tinggal masyarakat dan tanah longsor, sebab tidak lagi ada  pohon yang menahan laju air akhirnya akan mengikis tanah yang menyebabkan tanah longsor dimana- mana.
Demikianlah laporan atas terselenggaranya ceramah Cinta Lingkungan dan Hemat Energi pada pertengahan liburan sekolah ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Nyi Roro Kidul kelas XI

Perilaku Konstitusional dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara

CETIK KERIKAN GONG