SALAH SATU TIPS UNTUK MENGEMBALIKAN ALAM MENJADI BERSAHABAT KEMBALI


            “Jika menggunakann deodorant, parfum atau produk-produk semprot lainnya, jangan menggunakan aerosol”. Ya itulah salah satu tips yang telah diberikan Bapak Adiana kepada siswa kelas X SMA Negeri 3 Denpasar pada saat ceramah Senin, 13 Desember 2010 di workshop. Pernyataan tersebut memang benar adanyam karena aerosol merupakan salah satu dari sekian gas penyebab berlubangnya lapisan Ozon yang melindungi bumi dari sengatan sinar matahari. Berlubangnya lapisan ozon menyebabkan sinar matahari dapat dengan leluasa masuk ke bumi. Sangat banyak kerugian yang diakibatkan oleh berlubang dan menipisnya lapisan ozon ini. Baik itu dari alam sekitar dan juga manusia itu sendiri.
            Bahayanya bagi manusia, sinar ultraviolet yang
terkandung dalam sinar matahari yang secara langsung mengenai kuli manusia sehari-hari, dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Sedangkan bagi alam, berlubangnya lapisan ozon oleh salah satu gas yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat luas yaitu aerosol, mampu menyebabkan sinar matahari langsung menyengat bumi sehingga  mencairkan es di kutub utara bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Kenaikan permukaan air laut secara umum akan mengakibatkan dampak sebagai berikut : meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir, perubahan arus laut dan meluasnya kerusakan mangrove, meluasnya intrusi air laut, ancaman terhadap kegiatan sosial-ekonomi masyarakat pesisir, dan berkurangnya luas daratan atau hilangnya pulau-pulau kecil.
            Kenaikan permukaan air laut selain mengakibatkan perubahan arus laut pada wilayah pesisir juga mengakibatkan rusaknya ekosistem mangrove, yang pada saat ini saja kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Apabila keberadaan mangrove tidak dapat dipertahankan lagi, maka : abrasi pantai akan kerap terjadi karena tidak adanya penahan gelombang, pencemaran dari sungai ke laut akan meningkat karena tidak adanya filter polutan, dan zona budidaya aquaculture pun akan terancam dengan sendirinya. Meluasnya intrusi air laut selain diakibatkan oleh terjadinya kenaikan muka air laut juga dipicu oleh terjadinya land subsidence akibat penghisapan air tanah secara berlebihan.
            Berdasarkan pemaparan diatas, sangat terlihat bahwa gas aerosol ini juga merupakan pendukung terjadinya pemanasan global atau global warming bersama dengan gas-gas lain seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Jika sudah menimbulkan pemanasan global maka akibatnya pun tak main-main. Seperti iklim mulai tidak stabil, suhu global cenderung meningkat, gangguan ekologis, jugapunahnya beberapa jenis flora dan fauna.
            Oleh karena itu, marilah kita selamatkan bumi kita tercinta ini dengan tidak menggunakan barang sehari-hari yang mengandung gas aerosol karena sangat berakibat fatal bagi bumi ini. Karena jika bumi kita rusak maka kehidupan kita pasti tidak terjamin kualitasnya. Maka mulai dari sekarang cintai bumi ini semasih belum terlambat. Ingat ! cermati barangnya, baca komposisinya, apabila mengandung aerosol, hindari pemakaiannya untuk menjaga bumi kita tercinta ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drama Nyi Roro Kidul kelas XI

Perilaku Konstitusional dalam Hidup Berbangsa dan Bernegara

CETIK KERIKAN GONG