Senin, 16 Juli 2012

FAKTA DAN OPINI


FAKTA DAN OPINI

Pengertian Fakta
v  Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, fakta :hal (keadaan, peristiwa) yg merupakan kenyataan; sesuatu yg benar-benar ada atau terjadi.
v  Fakta (bahasa Latin: factus) ialah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia atau data keadaan nyata yang terbukti dan telah menjadi suatu kenyataan.
v  Fakta (buku Bahasa Indonesia, hal. 235) hal yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya.
v  Dalam contoh fakta
yang kami temukan terdapat pengertian fakta adalah sesuatu yang benar-benar terjadi atau hal yang diungkapkan berdasarkan suatu buktinyata (realita).
Contoh Soal:
Gubernur Jawa Barat H. Danny Setiawan menyampaikan itu pada peringatan Hari Pahlawan yang digelar di lapangan Gedung Sate, Jl.Diponegoro Bandung, Senin (12/11) ”Bangsa Indonesia termasuk di dalamnya masyarakat Jabar, akan tetap hidup dan berdiri tegak bila memiliki semangat nasionalisme tersebut,” katanya.
 
Fakta yang terdapat dalam tajuk di atas adalah…
A.    Menurut H.Danny Setiawan bangsa Indonesia, termasuk di dalamnya masyarakat Jabar, akan
     tetap hidup dan berdiri tegak bila memiliki semangat nasionalisme.
B. Semangat kebersamaan itu diharapkan untuk diperlihatkan masyarakat dengan “hitung-hitungan“ perannya masing-masing.
C. Esensi kepahlawanan bisa direfleksikan dalam setiap upaya pembangunan masyarakat di Jabar.
D. Peringatan Hari Pahlawan yang digelar di lapangan gedung Sate, Jl.Diponegoro Bandung, Senin(12/ 11).

PEMBAHASAN Konsep dasar
Sesuai dengan kata kunci di atas, kata menurut (opsiA), kata diharapkan (opsiB), dan kata bisa (opsi C) menunjukkan sebuah opini (persepsi), bukanfakta.

Cara Cepat
Dalam opsi (D) dimuat data berupa tempat dan tanggal terjadinya sebuah peristiwa. Hal ini tentu merupakan bukti atas sesuatu yang benar-benar telah terjadi, atau disebut sebagai fakta.
Pengertian Opini
v  Menurut kamus besar Bahasa Indonesia
Opini adalah: pendapat, pikiran, atau pendirian.
v  Menurut Wikipedia
Opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku di masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi.
v  Menurut Buku Bahasa Indonesia (hal 235)
Opini adalah : pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang mengenai sesuatu atau dapat menjawab pertanyaan bagaimana.
v  Dalam contoh opini yang kami temukan terdapat pengertian opini Opini adalah hasil pemikiran yang berupa penilaian, masukan, ide, pandangan, perkiraan, atau gambaran perasaan seseorang terhdap sesuatu masalah.

Contoh Soal:
Pemerintah Kabupaten Tangerang memperbaiki  42  sekolah. Dana diperoleh dari pinjaman Bank  Jabar.  Sepuluh sekolah di antaranya mengalami kerusakan yang terutama parah. Hidayat selaku pimpro mengatakan bahwa kecil kemungkinan proyek tersebut gagal. Kalimat opini dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat….
A. Pertama
B. Kedua
C. Ketiga
D. Keempat
PEMBAHASAN  Konsep  dasar
Berdasarkan kata kunci di atas, kalimat opini ditandai oleh kemunculan kata mungkin. Selain itu, Hidayat mengatakan bahwa merupakan bagian kalimat yang menunjukkan opini seseorang.
Cara  Cepat
Kalimat  pertama  kalimat  fakta (data : 42  sekolah).  Kalimat kedua kalimat fakta (data : pinjaman Bank Jabar). Kalimat ketiga kalimat fakta (data : 10 sekolah). Kalimat keempat kalimat opini (Hidayat selaku pimpro mengatakan bahwa kecil kemungkinan proyek tersebut gagal) Pendapat Hidayat. Jawaban : D

Ciri-ciri fakta :
Ciri – ciri fakta adalah sesuatu yang membantu kita untuk membedakan fakta dengan opini.
Ciri – ciri fakta adalah sebagai berikut :
-          Peristiwa yang sungguh ada atau terjadi
-          Peristiwa yang dapat ditangkap oleh panca indra
-          Sesuatu yang dapat diobservasi atau  diuji kebenarannya
(Sumber : Buku PR B.Indonesia untuk SMA/MA Smt 2 hal.71)
Ciri-ciri opini :
-          Ditandai dengan kata-kata yang bersifat subyektif, misalnya sangat, semakin, dapat, mungkin.
-          Karakteristik lainnya adalah mengandung bentuk-bentuk kata sifat: baik, buruk, mudah, sukar; dan diawali kata menurut saya, sepertinya, saya rasa…(yang merupakan pernyataan seseorang)
-          Pendapat / argument seseorang
           
             (Sumber: http://kafeilmu.com/tema/pengertian-fakta-menurut-ahli bbahasa.html#ixzz1j922QawC)


Tajuk rencana atau editorial adalah opini berisi pendapat dan sikap resmi suatu media sebagai institusi penerbitan terhadap persoalan aktual, fenomenal, atau kontroversial yang berkembang di masyarakat. Opini yang ditulis pihak redaksi diasumsikan mewakili redaksi sekaligus mencerminkan pendapat dan sikap resmi media yang bersangkutan.
Tajuk rencana mempunyai sifat :
1.   Krusial dan ditulis secara berkala, tergantung dari jenis terbitan medianya bisa harian atau mingguan, atau dua mingguan dan bulanan.
2.   Isinya menyikapi situasi yang berkembang di masyarakat luas baik itu aspek social, politik, ekonomi, kebudayaan, hokum, pemerintahan, atau olah raga bahkan entertainment, tergantung jenis liputan medianya.
3.   Memiliki karakter atau konsistensi yang teratur, kepada para pembacanya terkait sikap dari media massa yang menulis tajuk rencana tersebut.
4.   Terkait erat dengan policy media atau kebijakan media yang bersangkutan. Karena setiap media yang mempunyai perbedaan iklim tumbuh dan berkembang dalam kepentingan yang beragam, yang menaungi media tersebut.

Fakta pada editorial dibawah ini ditunjukan dengan warna biru sedangkan opini ditunjukan dengan warna merah

Contoh :
Perekonomian Vietnam Tersendat
Bahaya korupsi dan inefisiensi semakin dirasakan sebagai faktor penghambat percepatan proses pembangunan ekonomi Vietnam.
Pernah disebut-sebut sebagai salah satu calon macan Asia, perekonomian Vietnam kini berada di bawah tekanan berat. Angka inflasi tahun lalu, misalnya, mencapai 11,8 persen, sementara defisit perdagangan mencapai 12 miliar dollar AS dan defisit anggaran 7,4 persen atau melampaui perkiraan semula 6,2 persen.
Gambaran kerapuhan ekonomi semakin terlihat jelas dalam nilai tukar mata uang dong yang didevaluasi sampai tiga kali dalam 14 bulan terakhir. Sebagai dampaknya, masyarakat memburu dollar dan emas karena tidak terlalu percaya lagi kepada dong.
Guncangan ekonomi bahkan membuat oleng kelompok galangan kapal Vinashin yang menjadi salah satu andalan industri bangsa itu. Galangan kapal itu memiliki utang 4,4 miliar dollar AS dan gagal mencicil utangnya kepada kreditor internasional, bulan lalu. Kegagalan Vinashin, sebagai perusahaan negara, telah memberikan dampak negatif atas tingkat kepercayaan terhadap sejumlah perusahaan negara yang semula diharapkan sebagai lokomotif dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi.
Ancaman kebangkrutan Vinashin tidak terlepas dari manajemen pemerintahan yang tidak efisien dan korup di bawah sistem totalisasi dan sentralisasi komunisme. Perkembangan di Vietnam sekaligus memperlihatkan potret berbeda dengan China meski sama-sama menganut satu sistem partai, Partai Komunis.
Para pemimpin Partai Komunis di China justru berada di garis depan dalam kampanye memberantas korupsi dan menegakkan efisiensi. Pengalaman China memperlihatkan, pertumbuhan ekonomi melesat dengan cepat sejak praktik korupsi mulai diberantas secara serius dan tata kelola pemerintahan bersih dijalankan.
Bagaimanapun kejahatan menjadi faktor penghambat paling berat bagi kemajuan ekonomi dan bisa menjadi sandungan berbahaya menuju jurang kebangkrutan negara dan bangsa. Vietnam atau Indonesia tidak bisa melesat maju dalam pertumbuhan ekonomi jika terus disandera oleh praktik korupsi yang merebak luas dari pusat sampai ke daerah-daerah. Upaya pemberantasan korupsi masih sebatas retorika, belum memperlihatkan keseriusan.
Para analis berkesimpulan, praktik korupsi dan inefisiensi tidak hanya menghambat, tetapi juga mengancam kemajuan ekonomi Vietnam. Pemerintah Vietnam kini berjuang keras untuk menjaga pertumbuhan ekonomi yang rata-rata 7 persen per tahun. Kongres lima tahunan Partai Komunis yang diadakan pekan ini akan dijadikan ajang mengevaluasi perekonomian, tetapi tampaknya jauh lebih penting bagaimana mencari terobosan bagi pembangunan yang lebih cepat, bebas korupsi, dan lebih efisien.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar